Diposkan pada Agendaku, Diklat, Kegiatan / Pelatihan

Pelatihan IT Business Analyst (ITBA) Tahun 2022

Bersama Narasumber Pelatihan ITBA usai presentasi kelompok

Alhamdulillah, akhirnya saya memaksakan diri untuk bisa eksis kembali disini. Setelah sekian lama hiatus dari dunia kuli tinta.

Ketika saya mendapatkan undangan untuk mengikuti pelatihan IT Business Analyst, saya belum paham arahnya mau kemana karena di dalam pikiran saya, saya akan menjadi seorang bisnis analis berbasis IT, apa yang harus saya kerjakan dan untuk apa saya mempelajari ITBA.

Pada hari pertama pelatihan ini, yang diawali dengan pretest (alhamdulillah nilai ga jelek-jelek amat walaupun belum paham) yang telah disediakan pada LMS selanjutnya materi tentang pengenalan ITBA dari pemateri (Pak Andri dan Pak Hartanto) masih belum memberikan gambaran bagi saya namun saya mencoba memahami dari pengenalan ITBA itu sendiri. IT Business Analyst (ITBA) merupakan keahlian profesional yang sangat dibutuhkan oleh industri atau perusahaan saat ini dengan semakin meningkatnya tuntutan terhadap profesionalisme tenaga Analis Bisnis Teknologi Informasi sebagai penghubung antara bisnis dan organisasi teknologi informasi dengan memahami dan memberikan solusi terhadap kebutuhan bisnis atau pemangku kepentingan. Produk yang dihasilkan berupa dokumen adalah proposal Business Case (BC) yang berisikan informasi dokumen persyaratan bisnis.

Lambat laun saya mulai memahami tentang ITBA ketika dibagikan kelompok karena diberikan penugasan kelompok merancang suatu proyek salah satu dari anggota kelompok. Akhirnya kelompok kami sepakati membuat usulan proyek kelompok dengan judul sistem informasi Ujian Online (Si_Ujol) SMK Negeri 1 Muntok dari gagasan teman (Yulita) dengan berbagai pertimbangan yang nantinya akan dijadikan sebuah proposal. Pada hari pertama materi yang berikan tentang pengenalan ITBA dan perencanaan kerja analisis bisnis di lingkungan Teknologi Informasi. Alhamdulillah saya mulai memahami materi pelatihan tersebut apalagi setelah memperhatikan perbandingan antara IT Business Analyst dengan IT System Analyst.

Perbedaan ITBA dengan ITSA

Selama ini jika seorang tamatan Sarjana Teknik Informatika, selalu diarahkan menjadi IT System Analyst (ITSA), namun jika dikaitkan dengan perkembangan teknologi dan perkembangan zaman pada masa pandemi ini, tidak menutup kemungkinan saya pun bisa mempelajari ITBA untuk merancang suatu bisnis yang sekarang sedang maraknya bisnin online , aplikasi online , semua yang serba online. Jika dikaitkan dalam pembelajaran Produk Kreatif Dan Kewirausahaan (PKK) Produktif Multimedia, dalam satu kelompok siswa dalam membuat proyek, ITBA dapat dikaitkan dalam perancangan proposal pengajuan produk usaha jasa. Jadi ITBA dan ITSA diperlukan dalam proyek mapel PKK.

Hari Pertama Pelatihan ITBA, Pembagian Kelompok

Selanjutnya hari kedua, materi yang dipaparkan oleh pengajar tentang Elisitasi Persyaratan dan Kolaborasi, Pengelolaan Siklus Persyaratan. Tugas yang diberikan adalah Analisa Konteks bisnis. Hari kedua mulai tertantang karena mulai menganalisa bisnis mulai dari tinjauan organisasi (Visi dan Misi, Struktur Organisasi, kondisi aktivitas bisnis yang dijalankan saat ini , Sumber dana ), Analisis SWOT. Saya jadi teringat ketika membuat proposal proyek PKK, analisa konteks bisnis ini digunakan juga.

Hari Ketiga Mulai Fokus ^^

Hari ketiga, tantangan membuat proposal mulai tampak apalagi setelah diberikan materi tentang Analisis Strategi dan Analisis persyaratan dan Definisi rancangan. Tugas kelompok yang harus dikerjakan adalah merancang kebutuhan bisnis dan analisa persyaratan. Tugas ini mulai menyita pikiran dan diskusi kelompok yang penuh dengan ide-ide serta pembagian tugas agar tugas tersebut dapat diselesaikan tepat waktu.

Hari Keempat, Warna Warni baju batik

Hari keempat, materi yang dipaparkan oleh pemateri tentang evaluasi solusi dan Business Case (BC-red) dan post test. Materi puncaknya berupa proposal Business Case, karena akan dipresentasikan pada hari kelima. Alhamdulillah hari kelima pun masing-masing kelompok memberikan paparan BCnya (ada 6 kelompok) dengan baik. Kelompok kami berharap BC ini pun dapat kami sosialisasikan kepada pemangku kepentingan baik internal maupun eksternal nanti nya sehingga Si_Ujol ini dapat kami kembangkan.. Aamiin Yaa Rabbal’alaamiin.

Kelompok D Kehadiran Online pada SMKN 1 Muntok
Kelompok F SPJ Online

Alhamdulillah, saya sangat bersyukur atas kesempatan yang telah diberikan kepada saya, semoga saya pun dapat mengimplementasikannya dalam pembelajaran di kelas. Bisa jadi saya akan mengembangkan kompetensi saya dari seorang IT System Analyst menjadi seorang IT Business Analyst. Aamiin

Terimakasih banyak kepada Pemateri yang telah memberikan ilmu dan praktik baiknya, semoga menjadi amalan serta kepada penyelenggara kegiatan.

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.