Diposkan pada Materi Pelajaran

Animasi Frame By Frame

TEKNIK ANIMASI 2 DIMENSI

Penyusun:

Rizma Panca Patriani

KOMPETENSI DASAR      :
3.8 Memahami teknik  animasi frame by frame.
4.8 Membuat animasi 2 dimensi menggunakan teknik frame by frame

Indikator Pencapaian Kompetensi

3.8
3.8.1
3.8.2
4.8.1
Memahami teknik  animasi frame by frame.
Menjelaskan Pengertian Frame
Memahami tahapan pembuatan Animasi 2 dimensi menggunakan teknik frame by frame
Membuat Animasi 2 dimensi menggunakan teknik frame by frame

Tujuan Pembelajaran

  1. Setelah membaca peserta didik dapat menjelaskan pengertian Frame
  2. Setelah mengamati video tentang proses pembuatan animasi frame by frame peserta didik mampu membuat animasi frame by frame

  • Kerangka Bahan Ajar
Pokok Bahasan Materi Esensial Sumber
1.    Menjelaskan pengertian Frame Buku Paket BSE Animasi  2 Dimensi, Buku Keahlian ganda 2017
2.    pembuatan animasi frame by frame dengan perangkat lunak grafis (komputer), disesuaikan dengan fasilitas yang tersedia Buku Paket BSE Animasi  2 Dimensi, Buku Keahlian ganda 2017
3.    Menentukan langkah pembuatan animasi frame by frame pada animasi dengan perangkat lunak grafis, disesuaikan dengan fasilitas yang tersedia Buku Paket BSE Animasi  2 Dimensi, Buku Keahlian ganda 2017

 Materi

Pengertian frame

Frame adalah satuan terkecil dalam video sedangkan pada program flash, frame diumpamakan seperti kertas hvs yang telah digambar, dan contoh apabila framenya kita perpanjang sebanyak 5 frame, maka diumpamakan seperti 5 kertas hvs dengan gambar yang sama. Apabila kita merubah gambar salah satu frame, maka frame yang lain akan mengikuti perubahan gambar tersebut, karena frame tidak dapat berdiri sendiri. Animasi frame merupakan animasi yang paling sederhana, dimana animasinya didapatkan dari rangkaian gambar yang bergantian ditunjukan, pergantian gambar ini diukur dalam satuan fps (frame per second). Contoh animasi frame adalah ketika kita membuat rangkaian gambar yang berbeda pada tepian sebuah buku, kemudian kita buka buku tersebut sedemikian rupa menggunakan jempol, maka gambar akan terlihat bergerak.

Animasi frame by frame menuntut banyak gambar yang harus dibuat. Efek animasi diciptakan dengan mengganti gambar yang satu dengan gambar yang lain selama beberapa waktu.Semua gambar yang bergerak dihasilkan dari gambar yang berbeda-beda tiap framenya. Keyframe adalah frame dimana Anda menentukan perubahan pada tombol atau animasi. Pada animasi tween, Saudara membuat keyframe hanya pada titik yang penting di dalam Timeline. Keyframe ditandai oleh titik di dalam frame. Keyframe yang tidak berisi gambar di dalam layer ditandai oleh titik kosong.

Blank Keyframe artinya kita mempersiapkan frame kosong untuk diisi objek baru, dan apabila kita menggambar objek, blank keyframe tersebut sudah berisi objek. Blank keyframe dilambangkan dengan titik bulat putih pada frame.

Macam-macan Animasi di flash yaitu:
Motion Path
Anda dapat menggunakan motion path untuk membuat symbol bergerak mengikuti bentuk lintasan yang sulit. Dengan menggunakan layer Motion Guide untuk membuat garis untuk lintasan gerak objek. Layer Guide ditandai oleh ikon guide disebelah nama layer.

Animasi Marque
Animasi marque banyak dilihat pada situs web, yaitu suatu teks yang muncul dari bagian kanan layar, lalu begerak menuju ke kiri layar dan menghilang, begitu seterusnya.

Animasi Transparan
Animasi transparan adalah animasi yang terlihat secara transparan perlahanlahan lalu menghilang. Animasi ini sering digunakan dalam melakukan pergantian animasi dari satu animasi ke animasi lainnya, sehingga perpindahan animasi akan terlihat halus.

Animasi Fade
Animasi fade adalah animasi pemudaran. fade dibagi menjadi 2, yaitu fade in (pemudaran ke dalam) dan fade out (pemudaran keluar).

Animasi Rotasi
Animasi rotasi adalah animasi objek atau teks yang berputar, seperti jam, kincir angin, putaran roda, dan lain-lain. Kita bisa memutarnya searah jarum jam (CW : Clock Wise) atau berlawanan dengan arah jarum jam (CCW : Counter Clock Wise).

Animasi Blink
Blink adalah animasi berkedip atau berkelip, seperti bintang di langit atau lampu disco, animasi blink biasanya sangat efektif untuk menarik perhatian, sehingga banyak digunakan untuk membuat banner.

Animasi Shape
Animasi ini adalah perubahan bentuk dari suatu objek menjadi objek lain atau dari suatu objek menjadi teks dan sebaliknya. Animasi ini juga sering disebut efek Morph.

Animasi Masking
Masking adalah animasi yang menyembunyikan atau menutupi suatu objek dengan objek lain, sehinga objek yang menutupi terlihat transparan dan menyatu dengan objek yang ditutupi.

Membuat animasi frame per frame
Langkah – langkah pembuatan animasi frame per frame :

  1. Buka file baru pada software flash atau Ctrl+N.
  2. Kemudian kita pilih Rectangle Tool (R) pada toolbox dan kita mulai membuat objek balok pada stage dengan mengklik dan drag, jangan lupa warna fiil objek balok harus berbeda dari warna background stage.

  1. Kemudian klik kanan di frame ke-1, pilih Insert Keyframe atau tekan F6, maka akan muncul frame ke-2.

  1. Pada frame ke-2 kita pilih Free Transform Tool (Q), kemudian kita putar balok sedikit ke kanan dan letaknya dirubah sedikit kebawah dengan meneka tombol Shift + Panah bawah satu kali.

  1. Kemudian masukan kembali KeyFrame hingga menjadi tiga frame, kemudian putar kembali balok sedikit ke kanan dan sedikit kebawah.

  1. Ulangi langkah di atas sampai frame 8 hingga balok tampak jatuh.
  2. Kemudian tekan Enter untuk melihat hasilnya.

Membuat animasi teks frame by frame

Animasi Frame by Frame adalah animasi yang menampilkan objek pada tiap frame secara berurutan. Di dalam kegiatan praktik ini akan diberikan proses pembuatan animasi teks frame by frame. Langkah – langkahnya sebagai berikut :

  • Buat dokumen baru berukuran 150×150 pixel dengan background berwarna putih.

  • Klik kanan pada frame 5  Insert Blank Keyframe, lalu buat huruf “A” pada stage dengan menggunakan Text tool.

  • Klik kanan pada frame 10  Insert Keyframe, lalu ubah huruf “A” tadi menjadi huruf “N”.

  • Klik kanan pada frame 15  Insert Keyframe, lalu ubah huruf “N” menjadi huruf “I”… dan l akukan langkah yang sama pad a Frame 15,20,25,30,35…

  • Klik kanan pada Frame 40  Insert Blank Keyframe..

  • Tekan Ctrl+Enter untuk melihat jalannya animasi.

 Bahan Bacaan (Sumber Pustaka)

  1. Buku Paket BSE Animasi 2 Dimensi,
  2. Buku Keahlian ganda 2017

Untuk Menunjang pembelajaran silakan download media pembelajaran di Sub Menu Media Pembelajaran (Akan diupload segera)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.