LKS Mata lomba Animasi dari Skansa maju Ke LKS Nasional 2017

Pangkalpinang,   Oktober 2016

IMG_9851.JPG

Menjadi suatu kebanggaan menjadi seorang pembimbing disaat anak bimbingannya  menjadi juara 1 LKS Tingkat Propinsi Tahun 2016 Mata Lomba Animasi. Itulah yang saya rasakan ketika anak didik saya bernama Khelfin Fariansyah Hermawan siswa kelas XI Multimedia Skansa Pangkalpinang memegang juara 1.

Bukanlah hal yang mudah dalam meraih prestasi. Ada saja halang rintang yang selalu menjadi ujian kesabaran. Belajar dari pengalaman tahun kemarin, saya hanya membimbing anak untuk persiapan LKS hanya 1 minggu walhasil hanya mendapatkan juara 2 itupun di Tingkat Kota. Oleh sebab itulah saya tidak mau mengulangi kesalahan yang sama. Mulai dari tanggal 6 Agustus 2016 saya membimbing Khelfin, yang sebelumnya diadakan LKS seleksi sekolah. Yang amat saya syukuri anak tersebut memiliki bakat menggambar yang bagus, belajar secara otodidak dan bisa fokus dengan apa yang dikerjakan. dan dia pun pernah mengupload komik di Webtoon.

Seperti yang pernah dikatakan Mas Bambi (Juri Animasi LKS Nasional) “Practise Makes Perfect” membuat saya semakin gigih untuk melatih anak tersebut. Saya memiliki strategi dalam bimbingan. Sekolah mengizinkan kami melatih anak sepekan sebelum lomba. Namun untuk Animasi tidak bisa demikian. Karena menggambar harus dilatih setiap hari sehingga saya pun melatihnya setiap hari. Karena Khelfin sudah memiliki bakat menggambar, saya hanya mengoreksi gambar dan gerakan animasi yang kurang-kurangnya saja sehingga tidak terlalu lama untuk dia menguasai aplikasi yang digunakan untuk animasi.

Sepekan menjelang LKS Kota Pangkalpinang sekitar tanggal 30 Agustus 2016 mulailah Khelfin dilatih seharian full dari jam 7 pagi hingga jam 4 sore. Terlihat sedikit jenuh namun karena semangatnya untuk menjadi juara membuatnya tetap gigih berlatih sehingga pada saat lomba LKS SMK Tingkat Kota Pangkalpinang pada tanggal 6 – 7 September 2016. Khelfin  menjadi Juara 1 Animasi  sehingga maju ke tingkat propinsi.

20160907_065635.jpg

(Dari kiri Angga P – Juara 1 IT Software Application, Nanda S – Juara 2 Web design, Khelfin F.H – Juara 1 Animasi, Sutan M – Juara 2 Design Grafis)

Dalam membimbing memang harus dengan hati karena adakalanya anak didik sudah memiliki masa jenuh karena setiap hari berkotak=katik dengan gambar dan animasi. Harus punya strategi dalam memberikannya semangat.Bimbingan menuju propinsi kurang lebih 9 hari sehingga tingkat keseriusan makin tinggi.

Pada tanggal 19 – 23 September 2016 LKS SMK Propinsi Kep. Bangka Belitung yang dilaksanakan di SMK Negeri 2 Pangkalpinang.

20160920_080552
Keseriusan Khelfin saat LKS

Alhamdulillah Khelfin menjadi juara 1 Mata Lomba Animasi sehingga berhak untuk maju ke Tingkat Nasioanal Tahun 2017 .

img_9850
Penyerahan Piala + Uang Pembinaan oleh Kadis Propinsi kepada Khelfin

Semua tak lepas dari perjuangan dan usaha serta doa-doa orang yang mencintai Khelfin terutama keluarga Khelfin yang selalu mensupportnya, teman sekelas, sejurusan yang juga turut mendoakannya sehingga dia mampu melaluinya dengan menjadi yang terbaik.. Allah Selalu mengabulkan doa hamba-hambaNya yang senantiasa berdoa tanpa ada kata lelah dalam berusaha.^^

Allah berfirman “Mintalah kepada-Ku,niscaya akan Aku kabulkan (QS.Al Mu’min. 60)

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s