Multimedia Skansa berpartisipasi dalam Festival Film Dokumenter Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Prop. Kep. Bangka Belitung

Jum’at, 27 November 2015

20151127_102724[1]
Hasil Pembuatan Film Dokumenter 3 Tim
Alhamdulillah jum’at barokah. Tim Komunitas Fotografi dan Perfilman yang diwakili  oleh Neraf M (Chalissa, Alda, Genta, Gahayu dan Melissa dari XMM), Andro M (Nanda, Rudolf, Sutan, Andhika dan Irpan dari XI MM) dan Skansa Productions (Fahmi, Riski dan idrus dari XIIMM) telah menyelesaikan pembuatan Film Dokumenter dalam rangka ikut serta berpartisipasi pada FESTIVAL FILM DOKUMENTER yang diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Propinsi Kepulauan Bangka Belitung (Budpar -red).

20151118_093014[1]
Workshop Film Dokumenter di Puncak Hotel
Sebelumnya, mereka (ketiga tim tersebut) mengikuti workshop yang diselenggarakan oleh Budpar pada hari rabu, 18 November 2015 di Puncak Hotel didampingi oleh saya selaku guru pendamping mereke. Walo mendadak tanpa bekal ketika workshop karena mereka belum memiliki tema apa yang akan mereka tampilkan nantinya namun terlihat sekali semangat mereka untuk membuat film dokumenter ini. Tema yang diminta berhubungan dengan kearifan lokal.

20151126_090055[1]
Tahap Editing Tim Skansa Productions di Lab MM Skansa
Alhamdulillah setelah mereka mengikuti workshop, banyak ilmu yang mereka serap dari para narasumber (Bapak Rudi Harlan – Pemenang Eagle Awward 2008 – Pulau Bangka Menangis ,  dan 2 nara sumber dari pusat (sutradara serta kameramen profesional – saya lupa namanya😦 ).

Akhirnya mereka mendapatkan tema : Neraf M – “Cual Meniti Hari” (Masuk dalam 10 Nominator terbaik), Andro M – “Jantung Wisata Pulau Bangka”, Skansa Prod – “Eksotika Pulau Lampu” (semoga dalam waktu dekat akan di upload ke youtube)

20151121_124553[1]
Berguru kepada Bpk Rudi Harlan
Karena ilmu yang masih terbatas, kami pun meluangkan waktu berkunjung ke Gallery Oase Bangka Belitung Asuhan Pak Rudi Harlan di Samping SMP Muhammadiyah Pangkalpinang. Banyak ilmu yang kami peroleh. Tim pun bergerak sesuai dengan tema yang mereka pilih.

Dalam waktu 1 minggu kurang lebih mereka menyelesaikan film dokumenter dengan banyak perjuangan baik fisik, dana bahkan pikiran mereka untuk berusaha memberikan yang terbaik. Pada hari ini, jum’at 27 November 2015 film mereka kelar walo banyak hambatan yang harus mereka hadapi.

20151126_090100[1]
Tahap Finishing
Ucapan terima kasih saya kepada para guru yang telah bersedia memberikan izin kepada mereka dalam sepekan ini tidak full berada dikelas. Semoga menjadi pembelajaran skill yang amat berharga bagi mereka. serta temen-temen yang ada di Multimedia.  Menjadi pemenang bukan menjadi tujuan utama tapi menjadi pemberani maju dalam ajang festival ini menjadi suatu pembelajaran yang luarbiasa. terutama tim kelas X dan XI yang belum belajar dari Mapel Desain Multimedia (proses pembuatan film) Pengolahan Gambar Bergerak dan Teknik Pengolahan Video (Skansa sudah menggunakan kurtilas).

Walaupun masih harus belajar…belajar dan terus belajar. Semoga Film dokumenter yang telah mereka buat menjadi inspirasi Budpar untuk melestarikan budaya bangka belitung serta mempromosikan budaya bangka belitung yang belum terkenal di Indonesia ataupun dimanca negara.

Fighting Multimedia…🙂

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s