Simulasi Digital (mau dibawa kemanakah jika berada di Multimedia)

Topik ini saya ambil setelah saya mempelajari materi pelajaran yang terdapat dalam Mata Pelajaran Simulasi Digital(simdig- red)  (Paket Program Keahlian – C2) dalam kurikulum 2013. Menurut beberapa info yang saya peroleh, simdig adalah mapel pengganti KKPI.  Dalam mapel simdig, materi yang disampaikan antara lain tentang pembelajaran online.

silakan lihat : mapping

kikd

Pembelajaran online (menggunakan http://www.edmodo.com)

edmodo

bisa dikatakan saya sangat setuju bila disampaikan kepada siswa jurusan manapun namun setelah dipelajari lebih lanjut, siswa hanya dikenalkan menjadi user bukan sebagai pembuat produk seperti mapel produktif Multimedia lainnya. Apalagi sekarang kemdikbud juga sedang giat-giatnya mensosialisasikan pembelajaran online menggunakan kelas maya di http://belajar.kemdikbud.go.id (buataan anak bangsa).

rbk

 

Bahkan mungkin di daerah masing-masing (terutama di daerah saya) sudah dikenalkan pembelajaran online menggunakan moodle ( http://www.elearning.smkn1-pkp.sch.id)

elearning

Melihat ketiga pembelajaran online tersebut ternyata fungsinya juga sama. sama-sama mengenalkan siswa pada pembelajaran online.

Namun yang menjadi permasalahan dalam mapel simulasi digital ini ada beberapa materi yang dipelajari oleh siswa multimedia antara lain materi dalam bentuk video dan simulasi visual (Lihat mapping simdig). Materi itu akan dipelajari siswa multimedia pada paket keahlian multimedia sendiri. Apakah masalah ini tidak menjadi tumpang tindih mata pelajaran. Amat sangat disayangkan sekali jika itu terjadi karena selama ini dari kurikulum 2006 hingga  spektrum 2009 siswa mempelajari materi tersebut sebagai mata pelajaran produktif.   Semoga simdig ini bisa dikaji ulang  oleh seamolec dan ditpsmk. Saya sangat setuju sekali Pengelolaan Informasi tidak dihapuskan untuk Kompetensi Keahlian Multimedia.

Bagaimana pendapat bapak ibu guru produktif Multimedia yang sudah mengimplementasikan kurikulum 2013????

 

2 pemikiran pada “Simulasi Digital (mau dibawa kemanakah jika berada di Multimedia)

  1. herwin

    bu, utk Contoh RPP K-13 k’belum nongol ya, share dunk, walau hanya 1 mapel, he..he.. terutama kita butuh formatnya.. thanks

    1. InsyaAllah dalam waktu dekat akn sy upload pak.. skrg yg fokus membuat rpp 1 thn … mohon doanya agr bisa kelar secepatnya
      untuk sementara saya kasih contoh mapel prakarya dan kewirausahaan yah pak.. kbtln sy bantuin temen bikin rppnya🙂
      sy kirim via imel aj yah pak..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s