20 Cara untuk mengatasi kebuntuan ide

Posted on Desember 22, 2011 by Yaya

dikutip dari http://pixelisme.blogspot.com

Sebagai seorang desainer grafis, Anda tentunya pernah mengalami kebuntuan ide. Di saat seperti ini, biasanya Anda mengalami tekanan yang mengakibatkan Anda sedikit frustasi. Tapi jangan biarkan hal ini menggerogoti pikiran Anda, karena inilah saatnya untuk mendefinisikan ulang pencapaian Anda akan pekerjaan. dan pastikan Anda mengetahui batasan antara mana pekerjaan yang harus segera diselesaikan dan mana yang bukan.

Jadi inilah 20 cara untuk mengatasi kebuntuan ide, mudah2an bisa menginspirasi kita semua

1. Potret-lah sesuatu

Kebanyakan desainer grafis memiliki kamera pribadi, baik itu kamera digital, analog atau kamera Handphone ( yang resolusinya di bawah 2MP nggak masuk hitungan ya : hehe3x ). Jadi mengapa tidak Anda gunakan kamera tersebut untuk menangkap inspirasi yang berada di sekitar Anda? cobalah keluar dan lihat sekeliling Anda, seringkali inspirasi datang dari tempat yang tak di duga-duga. Jadi jangan sia-siakan kamera Anda hanya dengan mengambil sedikit gambar, ambillah gambar sebanyak mungkin. lalu review ulang dalam PC/notebook Anda untuk memanggil kembali inspirasi yang baru saja Anda tangkap.

2. Hubungi Teman Anda

Ada kalanya kita membutuhkan teman sebagai tempat ngobrol atau sekadar curhat. berbincang tentang pengalaman menyenangkan ketika nonton bareng atau sewaktu liburan bersama di bali akan membawa pikiran Anda keluar dari “mode kerja” untuk sementara waktu. Bisa dipastikan ini akan membuat Anda lebih rileks. Tapi ingatlah agar tidak menghubungi teman di waktu yang tidak tepat, bisa-bisa kita mengganggu dia.

3. Baca buku-buku design

Jika Anda tidak mempunyai satu-pun buku bertema desain grafis, maka saya ragukan status Anda   tidak harus buku komputer, buku tentang desain rumah atau sekedar katalog/kumpulan desain biasanya bisa mendatangkan inspirasi yang luar biasa.

Tapi jangan berhenti di sini, cobalah membaca majalah film, novel atau bahkan komik! siap-siap saja untuk kebanjiran ide

4. Bacalah Tutorial

Saat ini sangat mudah menemukan tutorial desain grafis, mulai dari Photoshop, flash, illustator, after effects dan lain sebagainya. Bisa dari internet, buku dan majalah. Namun dari ketiga tempat itu saya paling merekomendasikan internet, selain karena pilihannya lebih banyak dan beragam, Anda juga biasanya mendapatkan banyak hal lain yang bermanfaat. Misalnya link ke situs lain, contoh gambar desain, informasi dan berita tentang software terbaru dan lain sebagainya.

5. Kunjungi website inspirasional

Dengan perkembangan internet yang demikian cepat, tak heran jika semakin banyak situs yang bermunculan. Uniknya, saat ini banyak sekali situs yang di desain dengan sangat cantik. Mengunjungi situs-situs berdesain cantik semacam ini bisa sangat membantu Anda untuk menggali inspirasi.

Saran saya jangan berhenti di satu situs, carilah selalu situs baru untuk menyalakan kembali lampu inspirasi dalam otak Anda! namun ingat agar tidak mengabiskan waktu terlalu lama di sini, Anda punya pekerjaan yang harus di lakukan bukan? jadi kalau sudah ketemu inspirasi yang bagus, catat dan kerjakan segera

6. Kerjakan Proyek pribadi

Untuk menjaga kemampuan Anda agar selalu tajam dan up-to-date, jangan segan untuk mengerjakan proyek pribadi Anda. Bisa dengan melukis, membuat website pribadi atau sekedar membuat cover CD untuk lagu-lagu favorit Anda.

Proses ini cukup menyenangkan, karena Anda bisa mengeluarkan kemampuan Anda sekaligus menuangkan idealisme Anda tanpa adanya batasan dari client ataupun tuntutan dari atasan. pikiran kreatif biasanya ditempa dengan melakukan hal ini.

7. Bicaralah dengan rekan seprofesi

Memang tidak semua orang bisa melakukan hal ini, terutama jika And seorang desainer Freelance. Tapi bila Anda memiliki teman yang berprofesi sama, atau kebetulan bekerja dalam perusahaan yang bergerak di bidang desain maka cobalah ngobrol dan tukar pikiran dengan rekan kerja.

Hal ini bisa jadi membuka pikiran Anda tentang suatu hal yang selama ini tidak Anda sadari potensinya. Juga bisa mengurangi stress Anda karena pada dasarnya, manusia butuh curhat   eh, chatting via YM atau mIRC juga bisa koq. Tapi seperti biasa, jangan sampai curhatan Anda malah mengganggu rekan kerja. Usahakan untuk ngobrol di waktu ia sedang tidak sibuk.

8. Cari sesuatu yang Lucu

Tertawa merupakan obat stress yang paling mujarab. Baik sendirian maupun rame-rame, tertawa lepas membuat Anda lebih rileks dan merangsang otak Anda untuk menjadi lebih kreatif.

Anda dapat mencari cerita-cerita lucu di internet atau menonton video komedi dari youtube dan situs video lucu-lucuan lainnya. jangan ditahan, bila betui-betul lucu, tertawalah sepuasnya

9. Sekedar Coretan

Kebanyakan desainer grafis memiliki kebiasaan untuk membuat coretan atau gambar iseng di selembar kertas. Kebiasaan ini sering kita lakukan di kelas sewaktu bosan mendengarkan penjelasan pak guru   Membuat gambar iseng seperti ini dapat merangsang kreatifitas Anda.

gambarkan apa saja, tanpa tujuan. dari sini bisa jadi Anda menemukan ide yang menarik. Ada kalanya kita harus membiarkan semuanya mengalir dengan sendirinya.

10. Mendengarkan musik

Musik adalah makanan untuk jiwa dan pikiran Anda. Karena musik seringkali mempengaruhi mood Anda sewaktu mengerjakan proyek desain tertentu. Musik apa yang Anda dengar sewaktu mendesain brosur yang elegan? mungkin musik jazz atau alunan saxophone Kenny G?

Akan lebih baik jika Anda dapat bermain alat musik. Tinggalkan pekerjaan Anda sejenak dan mainkan alat musik favorit Anda, bisa jadi gitar, keyboard atau lainnya. Dijamin pikiran akan lebih segar sesudahnya

11.Carilah Hobi

Berada seharian di depan komputer memang cukup melelahkan. Agar pikiran kembali segar, ada baiknya mencoba untuk mengerjakan hobi lain yang tidak ada hubunganya dengan pekerjaan. Misalnya memancing, berkemah, kegiatan outbound, main billyar, catur bahkan memasak adalah contoh kegiatan yang bisa menenangkan pikiran Anda. Seharian menjadi kreatif bisa membuat tegang, karena itu milikilah hobi sebagai pelarian Anda di saat tegang.
12. Jalan-Jalan

Ini merupakan cara paling ampuh bila Anda kehabisan ide, yaitu berjalan-jalan. Baik itu ke mall atau sekedar jalan-jalan di taman cukup efektif untuk mengurangi ketegangan. Usahakan untuk sejenak melupakan pekerjaan yang belum kelar, karena percuma jalan-jalan kalau pikiran masih berada di meja kerja. Santai sejenak dengan berjalan-jalan, menghirup udara segar, mendengarkan suara kicauan burung atau mendengarkan gemericik air seolah-olah menyatukan diri dengan alam. Dengan begini, pikiran Anda akan lebih segar ketika kembali ke meja kerja.

13. Tulis Puisi atau Cerita Singkat

Seringkali sebuah kata-kata atau kalimat “nempel” di kepala Anda sewaktu mengerjakan proyek dari client. Mengapa tidak mencoba membuat puisi singkat berhubungan dengan kata atau kalimat tersebut, atau jika memungkinkan, tuliskan cerita singkat mengenai hal tersebut.
Memang tidak semua orang berbakat menulis, tapi saya yakin kalau sekedar hitung-hitung melatihJbermain kata-kata saja semua orang pasti bisa bagian otak Anda yang lain kan?

14. Carilah lawan kata atau persamaan kata

Dalam proses ketika mengerjakan proyek yang berhubungan dengan penggunaan kata atau istilah tertentu, ada kalanya kita menjadi kurang yakin terhadap kalimat yang digunakan. Apakah kalimat tersebut betul-betul bisa menyampaikan apa yang kita maksud?
Kalau sudah begini, membuka kamus besar bahasa sungguh membantu. Carilah persamaan kata atau bahkan lawan dari kata yang Anda gunakan. Dengan demikian, Anda dapat melihat pengertian sebuah kata melalui sudut pandang yang berbeda.

15. Pergi Berkendara

Jika cuaca memungkinkan, berkendaralah dengan mobil atau sepeda motor kesayangan. Dengarkan musik sembari Anda berkendara. Cobalah untuk melalui jalan yang belum pernah Anda lewati, mencari jalan baru dan tapi usahakan jangan terlalu jauh tersesat, karenaJbahkan tersesat Anda harus kembali ke kantor nantinya. Ini kegiatan yang cukup menyenangkan, karena kita tidak pernah tahu apa yang menunggu kita di jalan, mungkin pemandangan bagus atau arsitektur rumah tertentu yang dapat menginspirasi kita.

16. Kunjungi Café Terdekat

Tidak berarti harus ke starbucks, tapi memang pergi ke café dan mencicipi sedikit caffeine dalam kopi dapat merangsang otak. Saya sarankan agar tidak duduk di dalam café, melainkan cobalah duduk di luar karena suasana biasany lebih santai ( bila cuaca memungkinkan ), ada kalanya membawa kertas dan pensil bisa berguna di saat seperti ini, karena ketika pikiran rileks, ide segar bisa tiba-tiba muncul.

17. Bermain Teka-Teki

Kedengarannya mungkin aneh, tapi saya sendiri mengalami ketika menyelesaikan sebuah teka-teki, pikiran menjadi lebih “siap” dan segar. Cobalah mengerjakan salah satu dari banyak teka-teki yang bisa Anda temukan, seperti puzzle gambar atau acak kata. Teka-teki mencari perbedaan dalam dua buah gambar juga bisa berguna, karena sebagai desainer, kita harus cermat meneliti hasil pekerjaan kita agar bebas masalah ( seperti masalah warna, bentuk dan teks ).

18. Tidurlah!

Manfaat dari tidur cukup banyak, seperti mengembalikan energi, meningkatkan fokus dan ingatan. Tidur bisa membantu desainer untuk mengerjakan sesuatu melalui alam bawah sadar tanpa harus memikirkannya secara sadar. Seringkali sebuah solusi atau ide malah datang sewaktu bangun tidur di pagi hari.
Tidur siang juga memiliki dampak yang kurang lebih sama, makanlah sambil bekerja dan gunakan waktu istirahat siang Anda untuk tidur. Hal ini sedikit-banyaknya dapat meningkatkan kreatifitas Anda.

19. Carilah Font baru yang menarik

Mencari font adalah hal menyenangkan untuk di lakukan, terlebih lagi jika bentuknya menarik. Bentuk font yang unik dapat memicu pertanyaan “Bagusnya dipakai untuk apa ya?” dalam benak desainer. Malah ada desainer yang mendesain layout halaman berdasarkan bentuk font yang dia temukan. Jadi lihat dan pikirkan…

20. Bersihkan area kerja

Memiliki meja kerja yang rapi dan bersih dapat membantu kreatifitas Anda. Menyusun ulang meja kerja Anda sama efeknya seperti menyusun ulang pikiran Anda. Rapikan meja kerja sekaligus pikiran Anda, arsipkan dokumen lama, masukkan sketsa kerja ke dalam ruangan khusus dalam meja kerja dan cobalah membuat diri Anda nyaman.
Cobalah untuk menemukan kembali posisi duduk yang nyaman, pastikan monitor atau LCD memiliki refresh rate yang tepat dan area kerja Anda memiliki pencahayaan yang cukup.

Nah, demikianlah 20 cara untuk mengatasi kebuntuan ide. Namun ingat, tidak semua cara ini dapat memberikan hasil positif 100%. Karena sangat tergantung pada pikiran Anda sewaktu melakukannya.

Lupakan usaha Anda untuk menjadi kreatif, karena hal ini malah bisa merusak prosesnya. Pokoknya kerjakan saja hobi atau selesaikan puzzle tanpa memikirkan hal lain. Lihat hasil karya desainer lain tanpa perlu berusaha menjadi sok kreatif. Lihat, dengar, rasakan dan terinspirasilah dengan sendirinya. Inilah cara paling efektif.

Nah bagaimana menurut Anda? Jika dirasa ada langkah yang menurut Anda kurang tepat, silahkan kirim Jkomentar langsung. Saya tunggu loh… selamat mencari ide

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s